Tips Menjemput Jodoh





Quote:

Jodoh sebagai takdir Allah yang telah dicatat sebelumnya. Artinya, jodoh tersebut tidak mungkin akan tertukar dengan orang lain. Hanya saja, hal ini tidak berarti kemudian dirinya berdiam diri. Kewajiban usaha sangat diperlukan, bukan hanya bermimpi. Untuk itu, beberapa hal berikut ini paling tidak bisa dilakukan mereka yang ingin menemukan jodohnya.

Memperbaiki kualitas diri


Jodoh kita hakikatnya adalah cerminan diri kita. Bagaimana mungkin kita menginginkan pasangan yang sholehah dan rajin mengaji sementara kita adalah seorang yang tidak sholeh dan banyak menghabiskan waktu untuk hal hal yang kurang bermanfaat.

Bersikap realistis


Realistis maksudnya tidak terlalu berkhayal dalam menentukan pasangan hidup. Harapan yang terlalu tinggi terhadap calon pasangan kita, justru akan memunculkan peluang kekecewaan demi kekecewaan bertambah besar.

Membangun jaringan dan komunikasi yang baik dengan orang-orang sholeh, misalnya para ustadz


Kesalahan banyak orang adalah bahwa mereka tidak membangun komunikasi yang baik dengan para ustadz, dan ujuk ujuk minta bantuan dicarikan jodoh. Padahal sang ustadz juga tidak cukup kenal dengan yang bersangkutan.

Komitmen dengan proses yang syari

Tidaklah suatu keluarga yang sakinah mawaddah warahmah bisa dibentuk melalui proses yang diharamkan Allah. Kebahagiaan dan ketenangan adalah milik Allah dan tidak mungkin diberikan kepada orang yang tidak mengingatNya.

Bermohon dan tawakal kepada Allah


Salah satu bentuk doa adalah dengan sholat istikharoh, saat ingin menentukan suatu pilihan (misalnya karena adanya beberapa pilihan calon pasangan), jangan hanya mengandalkan emosi sesaat atau keputusan logika saja.

Terakhir, kita perlu tawakal atas apapun yang ditentukan oleh Allah. Yang perlu kita lakukan adalah memaksimalkan usaha. Cukuplah Allah yang menentukan hasil dari usaha kita. Insya Allah jika kita sudah melakukan yang terbaik, hasil yang kita dapatkan pun adalah sesuatu yang terbaik.

/ Majalah Al Falah edisi 291 juni 2012

Doa meminta jodoh yang baik.

Untuk laki laki :
Robbi hablii miilandunka zaujatan thoyyibah akhtubuha wa atazawwaj biha watakuna shoihibatan lii fiddiini waddunyaa wal aakhiroh
Ya robb berikanlah kepadaku istri yang terbaik dari sisi-Mu, istri yang aku lamar dan nikahi dan istri yang menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia akhirat.

Untuk wanita :
Robbi hablii miilandunka zaujatan thoyyiban wayakuuna shohiban lii fiddiini waddunyaa walakhiroh
Ya Robb berikanlah kepadaku suami yang terbaik dari sisi-Mu, suami yang juga menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia dan akhirat.

Follow On Twitter