Waspada, Pakai Baju Baru Tanpa Dicuci Bisa Sebabkan Penyakit !!



Waspada, Pakai Baju Baru Tanpa Dicuci Bisa Sebabkan Penyakit !! [ www.BlogApaAja.com ]

Apakah Anda punya kebiasaan langsung memakaibaju yang baru dibeli? Jika ya, sebaiknya Anda perlu berhati-hati. Menurutpakar kesehatan, baju baru yang dipakai tanpa dicuci seringkalimenimbulkan penyakit.



Hal tersebut ditemukan oleh penelitian DrPhilip Tierno, direktur klinis mikrobiologi dan imunologi dari New YorkUniversity Langone Medical Center. Ia menguji beberapa pakaian yangdibelinya dari 3 toko berbeda, mulai dari toko yang mahal hingga yang murah.

Dr Tierno menemukan pakaian-pakaiantersebut mengandung segala macam bakteri, termasuk bakteri yangberkaitan dengan kotoran, ketiak dan alat kelamin. Jumlah bakteri paling banyakditemukan pada pakaian yang telah dicoba oleh banyak pembeli, tapi ditemukanpula pada pakaian yang dibawa pulang.

"Tubuh kita secara alami memang mengandungberbagai macam bakteri. Tapi dari sekitar 60.000 kuman, hanya sekitar1-2 persen saja atau 600-1.200 bakteri yang bersifat patogen (bisa menyebabkanpenyakit)," ujar Dr Tierno, seperti dikutip dari Washington Post.

Dr Tierno menambahkan bakteri patogen lebihmudah menular dibandingkan yang lain, salah satunya adalah Norovirusyang dapat menyebabkan penyakit saluran pencernaan. Bakteri tersebutdapat hidup di pakaian kering selama beberapa hari dan jika bakteri tersebutdipegang oleh seseorang ketika mencoba pakaian, maka saat dikembalikan ke rakbisa tertular ke orang lain atau dirinya sendiri dan masuk ke sistem tubuhnya.

Bakteri lainnya adalah Staph MRSA dapat hiduppada pakaian katun selama 6 bulan. Bakteri MRSA bisa ditularkan melalui kontaklangsung ataupun tak langsung dengan kotoran, hidung, ketiak atau di sekitarareola puting susu.

"Risiko tubuh menjadi sakit akibatpakaian baru masih rendah, tapi risiko ini bisa dikurangi lagi dengan mencucitangan sebelum makan atau menyentuh wajah, hidung atau mulut setelah mencobapakaian atau dengan menggunakan pakaian dalam ketika mencoba pakaian yang lain.Terutama jika Anda memiliki luka di tubuh," ujar Dr Tierno.

Selain itu cara pencegahan lainnya adalahdengan mencuci dan menyetrika baju baru sebelum digunakan, untukmenghilangkan kemungkinan adanya bakteri-bakteri patogen dari pakaiantersebut.


Follow On Twitter