Perhatikan Gan, Apakah Posisi Duduk Anda Sudah Sehat ?





Apakah anda pernah memperhatikan posisi duduk ketika bekerja seperti mengetik di depan laptop atau komputer ? Kalau saya - jujur - tidak pernah memperhatikan dengan seksama bagaimana cara duduk. Yang penting duduk dan terasa nyaman, itu saja. Misalnya mengetik artikel kali ini, saya malah duduk di atas kasur. Apakah baik untuk kesehatan tubuh atau tidak saya kok kurang memperhatikan. He he he.


Kesalahan posisi bisa memiliki resiko yang cukup tinggi. Posisi duduk yang salah bisa berakibat pada masalah postur tubuh dan akan berdampak pada masalah kesehatan secara keseluruhan. Maka dari itu sebaiknya kita mengetahui posisi duduk yang benar agar tidak timbul masalah penyakit yang serius.


Dr Helen Lee, DC seorang praktisi dan pendiri Touch of Life Chiropractic di Hoffman Estates, Illinois mengatakan, "Duduk untuk jangka waktu yang lama dan dilakukan tahun demi tahun bisa membuat sirkulasi menurun, metabolisme melambat, ketidakseimbangan kadar gula darah dan menimbulkan tekanan pada otot keseimbangan postural," demikian seperti dikutip dari Sheknows. Ia juga menuturkan tidak heran jika orang yang terlalu sering duduk bisa menjadi faktor penambahan berat badan dan masalah kesehatan yang buruk. Maka dari itu sangat penting mengetahui bagaimana cara duduk yang baik untuk kesehatan.


Baiklah, agar kita sama - sama mengetahui cara duduk yang benar saya akan paparkan untuk anda. Artikel ini saya dapatkan dari banyak . Silahkan cari sendiri di Google. Di bawah ini adalah 5 posisi duduk yang baik untuk kesehatan tubuh.



1. Mengembangkan postur duduk yang sehat



Sekalipun anda duduk di kursi yang terbaik maka tidak akan berarti apa-apa terhadap postur tubuh jika anda tetap duduk cenderung bungkuk, membungkuk pada keyboard atau duduk dengan menyilangkan kaki. Oleh karena itu, cobalah lakukan tips berikut saat duduk, yaitu:


  • Posisikan kedua kaki mendatar di lantai dengan posisi lutut sedikit lebih tinggi dari pinggul.

  • Posisikan siku pada posisi nyaman di samping atau istirahatkan lengan pada sandaran yang memungkinkan bahu untuk menjadi rileks atau santai.

  • Berusahalah agar bahu sejajar atau tidak bergerak ke depan.

  • Kepala memandang lurus ke depan dan dagu agak miring ke bawah.

  • Fokus pada perut atau bernapas dengan perut sepanjang hari untuk meningkatkan oksigen dan tubuh tetap santai.





2. Meletakkan Support (bantalan) pada Pinggang



Jika anda duduk di kursi sebaiknya letakkan bantalan di pinggang. Tujuannya agar pinggang tidak sakit pada saat duduk. Dr Lee memberikan saran agar duduk di kursi dengan memberikan support atau penyokong pada pinggang. Contoh dengan meletakkan bantal kecil di pinggang, pantat lalu duduk setengah bersandar.


3. Bangun dan bergerak



Seabaiknya bergerak secara teratur atau bangun setiap 15-30 menit sekali. Tujuannya untuk meregangkan otot, bergerak dan bernapas. Bila mungkin cobalah berjalan-jalan sejenak. Cara ini akan meningkatkan sirkulasi atau energi serta menghindarkan orang banyak ngemil di meja.


4. Menjaga tubuh tetap hidrasi



Masalah Dehidrasi dapat membuat seseorang menjadi lelah dan cenderung akan duduk dengan posisi lebih merosot. Maka dari itu tetaplah menjaga tubuh agar terhidrasi dengan baik sepanjang hari.


Kesimpulan



Menjaga posisi duduk sangat penting bagi kesehatan tubuh dan postur tubuh. Maka dari itu sangat penting bagi kita untuk menjaganya dengan baik agar aktivitas dan penampilan kita tetap prima di hadapan orang lain. Yang penting dalam duduk adalah santai, tidak kaku, dan setiap saat selalulah bergerak atau mengerak-gerakkan anggota tubuh.


Semoga manfaat. Artikel

Follow On Twitter