Asal-usul Kata Ngabuburit



Asal-usul Kata Ngabuburit [ www.BlogApaAja.com ]

Bagi umat Muslim yang tengah menjalankan ibadah puasa, tentunya berbuka puasa adalah hal yang paling dinantikan. Untuk membunuh waktu sambil menanti beduk Maghrib berkumandang, banyak kegiatan yang bisa dilakukan. Salah satu kegiatan yang populer yang biasa dilakukan adalah: Ngabuburit. Kata ini cukup sering diucapkan pada bulan suci ini. Tapi tahukah anda apa arti Ngabuburit?

Ngabuburit merupakan istilah dalam Bahasa Sunda yang berasal dari kata Burit yang berarti sore. Jika diterjemahkan secara bebas, Ngabuburit adalah istilah yang dipakai untuk kegiatan menunggu sore. Sementara di KBBI, kata Ngabuburit diartikan sebagai menunggu azan magrib menjelang berbuka puasa pada waktu bulan Ramadan. Pada KBBI, kata Ngabuburit diberi keterangan (sd) sebagai penanda bahwa kata tersebut berasal dari Bahasa Sunda.

Umumnya, orang-orang melakukan Ngabuburit pada jam 3-5 di sore hari. Biasanya mereka berkeliling naik motor sambil mencari panganan yang menarik untuk berbuka puasa nanti. Di beberapa tempat, Ngabuburit digunakan untuk kegiatan pesantren kilat atau seminar mengenai agama.

Follow On Twitter