Tambang Garam Tua Yang Indah Di Polandia



Tambang Garam Tua Yang Indah Di Polandia [ www.BlogApaAja.com ]

Menurut hikayat, seorang putri dari Hungaria dilamar oleh Raja Krakus(Cracow/Krakow) dari Polandia. Secara historis Krakus tercatat memerintah diawal abad 12. Nah, sebagai hadiah pernikahan, putri Hungaria, Kinga, memintahadiah tambang garam pada ayahnya.

Seiring perjalanannya, pada awal 1900-an, Kapel Kinga dibangun di dalamtambang. Ini merupakan sebuah ruangan yang penuh dengan relief Alkitab (Gospel/Injil)berukuran besar.

Sejak itu, selama berabad-abad tambang garam tini terus beroperasi(sejak abad ke-13) dan merupakan salah satu tambang garam tertua di dunia yangmasih beroperasi. Sementara, yang tertua ada di Bochnia, Polandia, 20 kilometerdari Wieliczka yang telah ditambang sejak masa prasejarah.

Luas keseluruhan tambang ini mencapai 200 km persegi, dan terdiri daritujuh level. kedalamannya lebih dari 198 meter di bawah permukaan tanah danterdiri dari ruang-ruang galian yang berjumlah 2000 buah. Tambang yang terletak68 - 237 meter di bawah kota Wieliczka ini memiliki 9 lantai.

Tambang Garam Tua Yang Indah Di Polandia [ www.BlogApaAja.com ]

Kini, tambang garam tersebut menjadi tempat wisata yang menakjubkan.Bila kita berkunjung ke sana akan melihat jalur untuk turis sepanjang 3 km,dimulai di level pertama.

Untuk sampai ke situ, pengunjung harus menuruni 380 anak tangga.Pengunjung tak perlu risau dengan tangga tersebut karena sudah diperbarui danterbuat dari kayu kokoh yang solid.

Selama berabad-abad, para penambang telah membentuk tradisi ukiran patungdari garam batu asli. Pada abad ke-19, lampu kristal raksasa yang terbuat darigaram dipasang untuk menerangi kompleks bawah tanah ini. Dengan mendapatpenerangan yang memadai, ukiran dan monumen garam yang ada di dalam guaterlihat indah. Hal inilah yang menjadikan tambang garam Wieliczkaterkenal di wilayah Eropa.

Tambang Garam Tua Yang Indah Di Polandia [ www.BlogApaAja.com ]

Suhu udara dalam tambang mencapai 13 hingga 14 derajat celsius. Selainbongkahan garam yang dipahat menjadi lorong dan ruangan-ruangan, konstruksitambang disokong oleh kayu timber. Di sana sini tampak juga rel kecil, yangmenjadi jalur gerobak dan kereta pengangkut garam.

Wieliczka

di Polandiaadalah lambang kemajuan teknologi manusia. Namun bukan hal ini saja yangmembuat tambang garam ini terkenal karena para penambang perlahan-lahan telahmengubah sebuah gua yang gelap menjadi lokasi kerajaan megah.

Saat ini, wisatawan dari seluruh dunia akan dipandu melalui labirinterowongan tambang yang aneh, dengan patung rinci yang indah, kapel, dan bahkanrestoran.


Follow On Twitter