Tips Menyimpan Susu Yang Benar



Susu merupakan minuman nikmat yang mengandung protein tinggi dan banyak mineral penting seperti kalsium. Karena tak tahan lama, susu segar mengalami proses pengawetan menjadi susu bubuk, susu kental manis, atau susu pasteurisasi.



Namun demikian, susu yang telah diawetkan tersebut harus tetap disimpan dengan cara yang benar agar tak rusak atau hilang lebih banyak kandungan manfaatnya.

Berikut ini tips menyimpan susu, agar tetap baik dan layak diminum:

Tutup rapat wadah susu, sebaiknya masukkan dalam wadah tersendiri, agar tak terlalu banyak kontaminasi dengan udara, lalu simpan di lemari es. Jangan letakan di sisi pintu lemari es, sebab suhu di sana tak mencapai 1-4 derajat celsius.

Untuk susu pasteurisasi atau susu cair segar, baiknya Anda minum habis pada hari yang sama dengan waktu Anda buka. Ini mencegah terjadinya kontaminasi dan susu berubah menjadi asam.

Susu kental manis yang telah dibuka, sebaiknya diminum dan habis pada jangka waktu 8-20 hari. Masukkan pada lemari pendingin agar kualitasnya tak menurun.

Membeli susu perhatikan selalu masa kedaluwarsa-nya. Jika mendekati 3 bulan sebelum expire, sebaiknya Anda segera habiskan.

Follow On Twitter